Alhamdulillah, langkah Aktivasi Akun Siswa dan Pengisian EDS siswa
telah diterbitkan oleh KEMENDIKDUB. Dengan begitu para kepala sekolah
tidak cemas lagi dengan kelanjutan aktivasi akun PTK mereka yang hanya
terhenti pada status Bintang 2 saja. Akan tetapi merupakan pekerjaan
tambahan baru bagi OPS (Operator Sekolah) untuk melakukan entery data
siswa dan membimbing siswa dalam mengisikan EDS mereka. Apalagi siswa
masih duduk di sekolah dasar. Para OPS harus dengan tekun menuntun siswa
dalam memilih pilihan dalam EDS, bahkan terkadang mereka tidak memahami
apa maksud dari pertanyaan ada dalam EDS tersebut. Disitulah tugas kita
untuk menjelaskan maksud dari pertanyaan dan juga jawabannya.
Huuft,seandainya KEMENDIKBUD menyediakan print out isian EDS bagi siswa,
mungkin malah lebih mempermudah pekerjaan kita.
Berikut saya akan berbagi pengalaman tentang cara aktivasi dan login siswa pada aplikasi PADAMU NEGERI.
(syarat utamanya adalah rekan rekan sudah melakukan enteri data siswa.)
(syarat utamanya adalah rekan rekan sudah melakukan enteri data siswa.)
Langkah pertama, kita masuk ke LOGIN SEKOLAH seperti cara biasanya, kemudian masukkan Username dan password sekolah.
Setelah masuk akun sekolah, lakukan 2 tahap:
1.pilih KELOLA SEKOLAH
2 Pilih Administrasi Sekolah lihat semua fitur
langkah berikutnya adalah :
1.pilih SISWA & ALUMNI
2.Klik pada ujung panah yang ada di sebelah kanan data siswa (lingkaran no 2)
3. pilih CETAK TANDA BUKTI AKUN
Pada tanda bukti akun, terdapat SIAP ID dan PASSWORD yang nantinya digunakan untuk LOGIN SISWA
Buka TAB Baru (ctrl + t) dan masukklah ke http://padamu.siap.web.id/
dan pilih LOGIN SISWA
Masukkan SIAP ID dan PASSWORD yang didapat pada Surat Tanda Bukti Akun Siswa tadi
Langkah berikutnya adalah CEK data. jika sudah benar lakukan ISI angket
Dalam pengisian Angket, siswa di suguhkan 18 pertanyaan yang harus mereka selesaikan.
Demikian tutorial ringan untuk Login SISWA dan ISI EDS bagi siswa. Semoga bermanfaat bagi semua rekan-rekan OPS di Tanah Air.