PTS adalah Penelitian Tindakan Sekolah atau sebagian orang menyebut Tindakan Kepngawasan. PTS ini biasanya diharuskan kepada Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mau mengajukan kenaikan pangkat atau Pengawas yang juga mau naik pangkat. Penelitian tindakan sekolah tidak jauh beda dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), cuma dalamPenelitian Tindakan Sekolah (PTS) ruang lingkupnya agak lebih luas dibandingkan dengan Penelitian Tindakan Kelas, karena kebanyakan penelitiannya melibatkan sekolah-sekolah lain, misalnya dengan mengadakan Workshop, KKG, MGMP dan sebagainya, yang bisa dijadikan untuk bisa melakukan penelitian. oleh karena itu bagi anda rekan guru, kepala sekolah atau pengawas sekolah yang belum pernah membuat Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) disini saya menyediakan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) silahkan dibaca dan didownload,semoga bisa dijadikan refrensi pada sekolah anda masing-masing.
Dengan adanya peningkatan mutu pendidikan dari tahun ke tahun kepala sekolah di tuntut untuk kreatif dan inovatif dalam memimpin. Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan pengelolaan sekolah, kepala sekolah dapat melakukan PTS sekaligus sebagai sarana pengembangan profesinya (Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru), PTS merupakan penelitian yang berawal dari permasalahan sekolah, diselesaikan melalui tindakan spesifik dari gagasan peneliti untuk menyelesaikan permasalahan sekolah. Dengan demikian, yang pertama harus ada dalam penelitian PTS bukanlah diawali dengan membuat judul tetapi diawali dengan menemukan adanya masalah dan tantangan-tantangan untuk melakukan pembaruan atau inovasi.
Masalah-masalah yang akan dirumuskan adalah masalah-masalah aktual yang penting dan mendesak.
Jika masalah-masalah itu tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap sekolah. Oleh karena itu, diperlukan tindakan spesifik yang diyakini benar-benar dapat mengatasi masalah-masalah tersebut. Selain berangkat dari permasalahan, PTS juga dapat dilakukan untuk melaksanakan suatu pembaruan ataupun inovasi dalam berbagai aspek sekolah. Misalnya manajemen perubahan, inovasi pembelajaran, pengembangan kultur baru di sekolah, dan inovasi kepemimpinan pembelajaran.
Saat ini, penelitian paling banyak dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah adalah PTS. Penelitian tindakan yang dilakukan guru disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di sekolah. Sedangkan PTK bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran di kelas.
Selanjutnya silahkan para sahabat guru dan pengawas bagi yang membutuhkan PTS untuk Kepala Sekolah dan Pengawas silahkan klik sesuai judul yang di butuhkan :
No
|
Judul
|
Download
|
1
|
Implikasi Pembinaan Menejerial Administrasi Kepala Sekolah Oleh Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengajar.
| |
2
|
Kunjungan Supervisor Pendidikan Terhadap Inspeksi Implementatif Pengelolaan Tata Ruang Kantor.
| |
3
|
Aspek Positif Peninjauan Oleh Supervisi Pendidikan Terhadap Aplikasi Pembelajaran Model Gabungan Antara Ceramah Dengan Kerja Kelompok.
| |
4
|
Upaya Mengembangkan Kompetensi Skill Guru Penjaskes.
| |
5
|
Memperkenalkan Konsep Model Pembelajaran Reward First In Group Pada Guru Penjaskes Guna Peningkatan Mutu Mengajar.
| |
6
|
Inspeksi Langsung Atas Pelaksanaan Kurikulum Mata Pelajaran Pkn Oleh Pengawas Sekolah
| |
7
|
Implementasi Pembinaan Konsepsi Model Pembelajaran Up Grading Oleh Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Agama Islam
| |
8
|
Gagasan Konseptual Supervisor Pendidikan Tentang Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Mutu Guru Mengajar
| |
9
|
Efektitifas Program Pembinaan Kedisiplinan Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Etos Kerja Mandiri Guru
| |
10
|
Intensionalitas Pengarahan Konsep Pembelajaran T.A.I. Secara Berkala Pada Guru Mengajarmapel Matematika
| |
11
|
Penyelenggaraan Work Shop Oleh Pengawas Sekolah Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Butir Soal Ujian Akhir Semester
| |
12
|
Penyelenggaraan Work Shop Oleh Pengawas Sekolah Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Butir Soal Ujian Akhir Semester
| |
13
|
Observasi Supervisi Kependidikan Terhadap Hasil Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar
| |
14
|
Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation Sebagai Alternatif Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar Matematika
| |
15
|
Intensitas Pembinaan Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Penjaskes Di Sekolah Binaan
| |
16
|
Manfaat Positif Media Pembelajaran Video Recorder Sebagai Upaya Solusi Bagi Guru Mengajar Agama Islam
| |
17
|
Upaya Kinerja Guru Materi Pelajaran Matematika Melalui Metode Belajar Aktif Model
| |
18
|
Upaya Pembinaan Dan Pengarahan Bagi Para Guru Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Di Sekolah Binaan
| |
19
|
Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Siswa Guna Meningkatkan Efektifitas Kegiatan Belajar Mengajar
| |
20
|
Kontribusi Pengembangan Pengawas TK/SD Bagi Peningkatan Kinerja Profesional Pengawas
| |
21
|
Permasalahan Dalam PTS
| |
22
|
Meningkatkan Profesionalisme Guru Mengajar
| |
23
|
Profesionalisme Guru
| |
24
|
Usaha Pembinaan Peningkatan Kualitas Guru Dalam Menyusun RPP Oleh Pengawas Sekolah Melalui Program CLCK
| |
25
|
Kinerja Guru Vs CLCK
| |
26
|
Observasi Pengawas Sekolah Terhadap Penerapan Model Pembelajaran SQ3R
| |
27
|
Pengarahan Konsep Pembelajaran Learning Together Oleh Supervisor Pendidikan Guna Peningkatan Kualitas Guru Mengajar
| |
28
|
Tindakan Aplikatif Supervisi Kependidikan Terhadap Pengarahan Akademik Pembelajaran Model Berfikir, Menulis Dan Berdiskusi
| |
29
|
Monitoring Pelaksanaan Konsepsi Pembelajaran Fragmatika Dinamis Oleh Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Pada P B M IPA
| |
30
|
Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam Mengajar Melalui Stimulasi Minat Baca Referensi Kependidikan Di Perpustakaan Sekolah
| |
31
|
Kunjungan Dinas Supervisor Kependidikan Sebagai Upaya PengamatanPelaksanaan Pembelajaran Terpadu Model Connected Learning (M C L )
| |
32
|
Efektifitas Penyelenggaraan U K S Guna Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Dan Kebersihan Lingkungan Sekitar
| |
33
|
Pengarahan Instrumen Pembelajaran Model Permainan Edukatif Oleh Supervisor Pendidikan Bagi Pengembangan Inovatif Guru Dalam Mengajar Bahasa Indonesia
| |
34
|
Pelaksanaan Teknik Supervisi Individual Sebagai Implementasi Kerja Kepengawasan
| |
35
|
Kepemimpinan Kepala Sekola, Motivator Guru Dan Pengawas
| |
36
|
Kunjungan Kerja Supervisi Guna Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran Metode Kumon
| |
37
|
Peningkatan Efektivitas Guru Dalam Pengelolaan Waktu Belajar Murid Dengan Menggunakan Ceklis Siswa
| |
38
|
Peran Kerja Nyata Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam KBM
| |
39
|
Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar IPS Melalui Pembinaan Konsep Presentasi Power Point
| |
40
|
Usaha Mengembangkan Wawasan Ilmiah Bagi Kualitas Guru Mengajar IPA Melalui Kebiasaan Internet Di Media Google
| |
41
|
Pembinaan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika Oleh Supervisor Pendidikan Melalui Aplikatif Pembelajaran Divergensi Taktis
| |
42
|
Peninjauan Supervisi Terhadap Pelaksanaan Konsep Pembelajaran Permainan Edukatif Oleh Guru Yang Mengajar Bahasa Indonesia
| |
43
|
Nilai Positif Pembinaan Konsep Pembelajaran Numeric System Pada Guru Mengajar Matematika
|
Dan bagi yang membutuhkan PTK Bisa di unduh di SINI
File tersebut di upload ke ziddu.com, untuk mempermudah rekan2 dalam proses download agar dianjurkan untuk mendaftar telebih dahulu di ziddu, agar proses download bisa lancar dan stabil, pendaftaran gratis hanya cukup memasukan biodata serta email yang aktif karena ziddu membutuhkan proses validasi/verifikasi melalui email yang di daftarkan, untuk lebih jelas panduannya bisa di lihat di SINI
Jika ada kendala mohon komentar di bawah, terima kasih, salam sukses........................