Selamat datang di SDN 2 Tukangkayu

CARA MENAMBAH PESERTA DIDIK PINDAHAN PADA APLIKASI DAPODIKDAS VERSI 301

Jumat, 12 Desember 20140 komentar

Penguncian nama dan tanggal lahir pada aplikasi Dapodikdas versi 301 telah dilakukan kembali, setelah beberapa hari lalu dapat diedit. Hal ini terjadi karena batas waktu yang di berikan untuk edit data telah usai sejak tanggal 20 November 2014 kemarin.

Yang menjadi pertanyaan apakah semua sekolah sudah melakukan perbaikan data terutama nama dan tanggal lahir peserta didik dan guru? terlebih khusus untuk kelas VI dan IX, karena data akan digunakan untuk pengusulan data awal peserta UN/US di tahun 2015. Mudah - mudahan para OPS telah melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen (akta lahir dan KK).
Disini saya akan coba berbagi pengalaman mengenai penambahan peserta didik baru/pindahan pada aplikasi dapodik versi 301. Seperti yang telah kita ketahui sejak dirilisnya aplikasi dapodik versi 301 mengalami berbagai kendala, dan sempat ditarik kembali guna perbaikan dan penyempurnaan aplikasi versi 301 ini.

Pada tabel tambah peserta didik versi 301 ini, ternyata banyak OPS yang mengalami kendala saat mau memindahkan peserta didik baru ke tabel utama, termasuk saya juga mengalami masalah demikian. Nah bagaimana cara memindahkannya? Yang pertama tulis data peserta didik pindahan tersebut pada tombol tambah pada menu peserta didik kemudian simpan. Namun jangan langsung dipidahkan ke tabel utama karena yang pasti tidak bisa. Hal yang harus dilakukan yaitu sinkron dulu sebanyak 2 atau 3 kali agar server menemukan nama tersebut.

Kemudian buka kembali tombol tambah pada menu peserta didik. Lihat, apakah icon pada tabel status (sebelah kanan nama peserta didik yang diinput) sudah muncul warna merah atau belum? Kalau sudah maka peserta didik pindahan tersebut siap untuk dipindahkan ke tabel utama dan lanjutkan untuk mengentri data selanjutnya.

Semoga bermanfaat pengalaman yang saya tulis ini, salam satu data.
 
Support : Yans MEDIA | Banyuwangi (0333)416170
Copyright © 2011. SDN 2 TUKANGKAYU BANYUWANGI - All Rights Reserved
Template Created by Yanuar Hadiansyah, S.Pd
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...