Untuk mendukung pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa, kementerian pendidikan nasional melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum telah menebitkan buku Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.
Isi buku ini adalah sebagai berikut:- BAB I : PENDAHULUAN
B. Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
C. Landasan Pedagogis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
D. Fungsi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
E. Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
F. Nilai-Nilai dalam Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
- BAB II : PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI INTEGRASI MATA PELAJARAN, PENGEMBANGAN DIRI, DAN BUDAYA SEKOLAH
B. Perencanaan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
C. Pengembangan Proses Pembelajaran
D. Penilaian Hasil Belajar
E. Indikator Sekolah dan Kelas
BAB III : PETA NILAI DAN INDIKATOR
A. Nilai, Jenjang Kelas, dan Indikator
B. Peta Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Berdasarkan Mata Pelajaran
C. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Nilai, dan Indikator Mata Pelajaran
- BAB IV : INTEGRASI NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA KE DALAM DOKUMEN KTSP
- PENUTUP
Buku Pedoman Pendidikan Karakte
Pedoman ini ditujukan kepada semua warga pada setiap satuan pendidikan(dasar sampai menengah) melalui serangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang bersifat komprehensif. Perencanaan di tingkat satuan pendidikan pada dasarnya adalah melakukan penguatan dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Sedangkan pelaksanaan dan penilaian tidak hanya menekankan aspek pengetahuan saja, melainkan juga sikap perilaku yang akhirnya dapat membentuk akhlak mulia. Pedoman ini dikembangkan berdasarkan atas pengalaman beberapa satuan pendidikan yang telah mengimplementasikannya. Hasil-hasil pengalaman itu diperoleh melalui pelaksanaan (piloting) yang dilakukan Pusat Kurikulum pada tahun 2010.
Buku pedoman ini diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum, Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011.
Isi buku pedoman sebagai berikut:BAB I PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER
A. Hakikat Pendidikan Karakter
B. Tujuan, Fungsi dan Media Pendidikan Karakter
C. Nilai-nilai Pembentuk Karakter
D. Proses Pendidikan Karakter
BAB II STRATEGI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER
A. Strategi di Tingkat Kemendiknas
B. Strategi di Tingkat Daerah
C. Strategi di Tingkat Satuan Pendidikan
- Kegiatan Pembelajaran
- Pengembangan Budaya Sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar
- Kegiatan Ko-kurikuler dan/atau Kegiatan Ekstra Kurikuler
- Kegiatan Keseharian di Rumah dan Di Masyarakat
E. Penilaian keberhasilan
BAB III PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN
A. Komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
B. Tahapan Pengembangan
C. Penyiapan perangkat Dalam Rangka Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Satuan pendidikan
BAB IV PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER (BEST PRACTICE)
A. PAUD B. SD C. SMP D. SMA E. SMK F. SLB G. PKBM
BAB V MEMBANGUN BUDAYA SEKOLAH
A. Keterlibatan Semua Warga Sekolah dalam Pembelajaran yang Berkarakter
B. Keterlibatan Semua Warga Sekolah dalam Perawatan, Pemanfaatan,Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran serta Lingkungan Sekolah
BAB VI PENUTUP
Buku pedoman ini dilengkapi tabel dan bagan sebagai berikut:
Tabel:
Buku pedoman ini dilengkapi tabel dan bagan sebagai berikut:
Tabel:
- Implementasi Pendidikan Karakter dalam KTSP
- Gambaran Implementasi Pendidikan Karakter Setiap Hari di PAUD
- Contoh Rancangan Rencana Aksi Sekolah SMP Negeri 36 Bandung
- Contoh Pengintegrasian Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pengembangan Diri di SMP Negeri 36 Bandung
- Contoh Kalender Akademik SMP Negeri 36 Bandung
- Contoh Implementasi Pendidikan Karakter melalui Berbagai Kegiatan di SMA Negeri 4 Kota Balikpapan
- Contoh Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Balikpapan
- Contoh Perencanaan Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 1 Bantul
- Contoh Rencana Aksi Sekolah di SLB Negeri Singkawang
- Contoh Nilai-Nilai Pembentuk Karakter yang Diprioritaskandi SLB Negeri Singkawang
Bagan
Alur Pikir Pembangunan Karakter Bangsa
Ruang Lingkup Pendidikan Karakter
Strategi Kebijakan Pendidikan Karakter
Alur (Stream) Dalam Pendidikan Karakter
Unduh Buku
Bila berminat mengunduh kedua buku di atas, silakan klik poster buku.